Pengaruh Sistem ERP Dalam Persaingan Bisnis Perusahaan


Seperti yang dikatakan Yen dan Chou (2014) sistem ERP yang diimplementasikan perusahaan dapat memunculkan competitve advantage yang nantinya akan mempengaruhi strategi perusahaan.Namun Shang dan Wu (2005) menganggap ERP sebagai sumber daya yang diimplementasikan perusahaan dikemas dengan standar, menjadi salah satu kelemahan sistem ini. Perusahaan memiliki risiko kehilangan competitive advantage dengan proses pencatatan yang dilakukan ERP. Salah satu teori yang menghubungkan antara strategi dengan sumber daya perusahaan adalah Resource Base View (RBV).Perusahaan memerlukan software ERP untuk memudahkan pendataan dan sebagainya maka dari itu jasa pembuatan software erp jakarta bisa membantu perusahaan dalam pembuatan software erp. Teori RBV digunakan untuk melakukan pendekatan merumuskan strategi guna mengembangkan competitive advantage yang berkelanjutan (Progoulaki dan Loannis, 2009). Asumsi teori RBV yaitu bagaimana perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain untuk mendapatkan competitive advantage dalam mengelolah sumber daya yang dimilikinya sesuai dengan kemampuan perusahaan.


Konsep capability dalam organisasi merupakan fondasi dalam literatur competitive advantage(Teece, et al. 1997; Jones, et al. 2005). Teori RBV memandang perusahaan sebagai kumpulan sumber daya dan capability yang dimiliki perusahaan. Teknologi semakin maju sekarang untuk pendataan barang dan pendataan lainnya bisa menggunakan software,yaitu menggunakan software erp,jasa pembuatan software erp bisa menjadi solusi untuk perusahaan yang membutuhkannya.Perbedaan sumber daya dan capability yang dimiliki perusahaan dengan perusahaan pesaing akan memberikan competitive advantage bagi perusahaan. Didalam Teori RBV terdapat 4 variabel yang mendasari sumber daya yang dimiliki dapat menjadi stategi perusahaan yaitu, valueable, rare, in-imitable, non- substitutable (VRIN).

Setelah puluhan tahun studi, para peneliti menyimpulkan bahwa ketika perusahaan memiliki sumber daya dengan spesifikasi VRIN, perusahaan dapat mencapai competitive advantage yang berkelanjutan dengan menciptakan strategi bersaing sehingga perusahaan lain akan mengalami kesulitan dalam duplikasi (Barney, 1991; Peteraf, 1993). Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini perlu dilakukan untuk melihat bagaimana hubungan antara implementasi ERP terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan kapabilitas perusahaansebagai variabel intervensi. Penelitian ini menggunakanStructural Equation Modeling (SEM) untuk melihat hubungan antara implementasi ERP dengan kinerja keuangan perusahaan yang dimoderatori oleh kapabilitas perusahaan. SEM yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS (Partial Least Squares). SEM-PLS dianggap cocok karena penelitian ini menggunakan data keuangan yang susah untuk memenuhi asusmsi seperti nomalitas, homoskedastisitas dan ukuran sampel. Selain itu dalam model tidak ada struktur model timbal balik, sehingga metode SEM-PLS dianggap tepat untuk metode penelitian.

Posting Komentar

0 Komentar