Konsep dan Tujuan Company Profile
Company profile memiliki berbagai bentuk, sesuai dengan media dan fungsi yang dituju. Berikut ini adalah bentuk ± bentuk dari company profile:
a. Text Company Profile
Company Profile ini berbasis pada teks yang tertulis. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya adalah urutan penyampaian, penataan yang rapi, serta penggunaan kata ± kata yang mudah dipahami.
b. Graphic Company Profile
Graphic Company Profile lebih bersifat variatif daripada Text Company Profile. Graphic Company Profile menggabungkan antara unsur teks dengan gambar.
c. Video Company Profile
Video Company Profile bersifat multimedia, memadukan antara teks, gambar, serta suara. Dalam penyusunannya diperlukan konsep serta storyboard, sehingga outputnya terlihat seperti suatu cerita.
d. Interactive Company Profile
Bentuk company profile ini merupakan salah satu inovasi terbaru dalam perancangan company profile. Menitikberatkan pada interaktifitas, sehingga target audience terlibat untuk memilih informasi mana yang mereka cari.
e. Online Company Profile
Output dari Online Company Profile ini biasanya berupa website. Tampilan visual dari Online Company Profile biasanya memiliki keunikan tersendiri dan mewakili warna perusahaan. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.
Isi dari company profile sangat beragam, tergantung dari konsep dan tujuan yang akan dicapai. Secara garis besar isi dari company profile adalah profile perusahaan, sejarah perusahaan, produk / jasa yang ditawarkan, keunggulan perusahaan, aset perusahaan, prestasi perusahaan, dan kerjasama perusahaan. Company Profile yang baik adalah company profile yang mampu menyampaikan informasi lengkap perihal perusahaan secara jelas kepada target audiencenya, sehingga target audience mendapatkan pesan yang ingin disampaikan melalu company profile tersebut. Bahasa yang akan digunakan sebaiknya disesuaikan dengan target audience yang dituju, sehingga penyampaian pesannya jelas dan dimengerti oleh target audience. Dalam hal desain juga harus diperhatikan, agar karakter dan image yang dibangun sesuai dengan yang ingin ditampilkan oleh perusahaan.
Company Profile merupakan suatu media visual yang biasanya digunakan sebagai media informasi tentang suatu perusahaan dan segala hal yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Di samping itu, company profile juga berguna sebagai media promosi karena mencakup nilai lebih dari perusahaan tersebut yang didapat digunakan sebagai nilai jual kepada target audience-nya. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.
Fungsi utama suatu company profile adalah sebagai media komunikasi dan penyampaian informasi tentang perihal suatu perusahaan kepada pihak-pihak yang dituju. Fungsi lain dari company profile adalah :
x sebagai representasi dari perusahaan
x sebagai alat marketing.
x sebagai pelengkap penawaran.
x sebagai materi branding.
x sebagai prasayat mengakses dunia perbankan
(hibah, pinjaman).
x sebagai kelengkapan materi tender.
x sebagai materi publikasi dalam sponsorship
event.
x sebagai personal gift untuk pelanggan khusus.
Posting Komentar
0 Komentar