Perkembangan Sistem Pengelola Keuangan


Perkembangan akuntansi sangat berkaitan erat dengan sistem informasi yang berguna untuk menunjang operasional perusahaan. Suwarjono mengatakan bahwa akuntansi adalah seperangkat pengetahuan yang mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif unit- unit organisasi dalam suatu lingkungan negara tertentu dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan ekonomik,”1 . Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi,jasa pembuatan aplikasi keuangan akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menjalankan kegiatan yang efektif dan efisien, sebuah perusahaan memerlukan sistem pengelolaan data informasi yang mendukungnya. Kebutuhan ini terpenuhi dengan adanya sistem informasi akuntansi. Bodnar dan Hopwood mengatakan bahwa “Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah kumpulan sumber daya manusia dan peralatan, yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lain menjadi informasi yang dikomunikasikan kepada berbagai pihak pengambil keputusan” .

Sistem Informasi Akuntansi berperan sangat penting untuk memperoleh informasi keuangan serta sebagai alat pendeteksi penyimpangan. Sistem Informasi Akuntansi dapat membantu pengguna menggunakan prosedur-prosedur yang benar untuk memperkecil terjadinya kesalahan.Kebutuhan akan perhitungan keuangan oleh banyak orang maka dari itu jasa pembuatan aplikasi finance akan membantu banyak orang dalam pembuatan aplikasi tersebut. Dalam akuntansi memberikan informasi harus mengacu pada prinsip Sistem Informasi Akuntansi yaitu keefektifan biaya, tingkat kegunaan, flexibilitas dan serta mengembangkan sistem akuntansi.

Informasi akuntansi sangat bermanfaat untuk pengambilan keputusan diantara alternatif-alternatif tindakan. Informasi akuntansi digunakan sebagai perencanaan strategis, pengawasan manajemen dan pengawasan operasional. Informasi akuntansi pada dasarnya bersifat keuangan dan terutama untuk pengambil keputusan, pengawasan dan implementasi- implementasi keputusan. Perkembangan teknologi informasi, terutama pada era informasi berdampak signifikan terhadap Sistem Informasi akuntansi (SIA) dalam suatu perusahaan. Dampak secara nyata yang dapat dirasakan ialah memproses data mengalami perubahan mulai dari sistem manual ke sistem komputer. Banyak perusahaan yang mulai mengembangkan dan memberikan perhatian khusus pada teknologi informasi sebagai sumber yang memfasilitasi pengumpulan dan penggunaan informasi secara efektif. Salah satu bentuk perhatian ini adalah penggunaan Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer (software akuntansi) untuk memperlancar arus informasi perusahaan.

Posting Komentar

0 Komentar