Tips Memilih Produk untuk Jualan di Media Sosial



Memilih produk yang cocok untuk dijual di Instagram sangat penting karena tidak semua produk itu cocok(baca:laku) untuk dijual di Instagram. Jika Anda salah memilih produk, maka siap-siap orderan toko online Anda sepi seperti kuburan :), selain memilih produk yang benar Anda juga bisa menggunakan jasa pengelola media sosial untuk membantu bisnis Anda. Beberapa tips dibawah ini bisa membantu Anda :

1. Pilihlah produk yang mempunyai d emand / permintaan tinggi contoh : fashion, kecantikan

2. Pilihlah produk yang cocok untuk anak-anak muda contoh : aksesoris gadget, casing

3. Jika Anda ingin menjual jasa, pastikan jasa Anda dibutuhkan dengan target market tertentu. contoh : jasa iklan dengan target pasar adalah para pelaku onlineshop

4. Jika Anda ingin menjual makanan, pastikan ada delivery system yang mendukung

contoh : jual frozen food, jual kue cubit

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Akun Jualan di Instagram

Oke, setelah Anda menentukan jenis produk yang ingin Anda jual, langkah selanjutnya Anda bisa mulai membuat akun Instagram Anda. Beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan dan lakukan ketika ingin membuat akun jualan di Instagram.


Okay, let’s start!

1. Gunakan username yang unik. Akan lebih baik jika berkaitan dengan apa yang Anda jual
contoh : DuniaGadgetMurah, CasingLucuMurah, PusatHijab, KueCubitKece

2. Isi biodata Anda selengkap-lengkapnya. Jelaskan sedikit tentang apa yang Anda jual dan cantumkan no kontak Anda. Jika akun sosmed Anda di kelola oleh jasa pengelolaan media sosial pasti hal ini akan diminta dilengkapi.

3. Cantumkan setidaknya 2 kontak yang bisa digunakan calon pembeli untuk menghubungi Anda. Jangan hanya mencantumkan 1 kontak atau lebih parahnya tidak mencantumkan sama sekali. Contoh : BBM, Whatsapp, atau line

4. Isi bagian url website dengan link id line (disarankan) karena calon pembeli bisa langsung menghubungi Anda via line dengan menge-klik link tersebut. Jika Anda sudah memilikki website, Anda bisa mengisi bagian tersebut dengan alamat website Anda namun tidak terlalu disarankan karena sepengalaman saya, banyak calon pembeli yang ingin bertanya-tanya sebelum akhirnya membeli. Kecuali jika website Anda mempunyai customer service yang live :)

5. Upload foto produk beserta deskripsi yang Anda dapatkan dari supplier Anda minimal 30 foto/hari PLUS MINIMAL 10 dan MAKS 20 HASHTAG (dibahas setelah ini). Akan lebih baik jika Anda bisa meng-upload 50 foto dalam sehari. Anda tidak harus meng-upload semua foto sekaligus dalam waktu bersamaan. Sesuaikan dengan waktu Anda, bisa pagi siang sore dan malam masing-masing 5 foto, tapi tetap harus mencapai target harian minimal 20 foto ya :) Tips : upload foto di ​ prime time (waktu-waktu dimana banyak orang sedang menggunakan Instagram) akan lebih efektif, seperti jam makan siang kantor, jam pulang sekolah, jam pulang kantor, jam 7-10 malam dimana waktu orang-orang sedang santai.


6. Terakhir, jangan digembok akun Instagram Anda. Orang lain tidak akan bisa melihat dagangan Anda jika toko Anda ditutup, bukan?

Posting Komentar

0 Komentar